Senin, 11 April 2011

Novel Gita Cinta SMA

Cerita novel Gita Cinta dari SMA yang sangat populer tahun 1979, yang juga telah ditayangkan sebagai cerita bersambung di rubrik “Oase” Kompas.com, diangkat ke dalam drama musikal.

Cerita cinta sepasang remaja SMA bernama Galih dan Ratna ini menjadi latar kisah yang pernah diangkat ke layar lebar dengan pemeran Rano Karno (Galih) dan Yessi Gusman (Ratna) pada awal tahun 1980-an.

Kini, cerita novel itu diangkat ke panggung drama musikal berjudul Gita Cinta The Musical di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, pada 19-22 Maret 2010.

Dalam panggung musikal itu, tokoh Galih dan Ratna akan diperankan oleh Mario “Kahitna” dan Mytha “Mamamia 2007 “.

Pertunjukan ini sesuai dengan isi novel Gita Cinta dari SMA tentang kisah cinta yang terlarang antara Galih Rakasiwi dan Ratna Suminar lantaran cinta mereka terhalang oleh perjodohan dan norma keluarga.

Galih Rakasiwi, anak sekolah yang miskin bersahaja tetapi pandai, ganteng, pintar bermusik dan jago membuat puisi, serta selalu naik sepeda ke sekolah, tiba-tiba jatuh hati kepada Ratna Suminar, murid baru pindahan dari kota lain, yang merupakan seorang anak yang cantik dan kaya.

Mereka bersekolah di sebuah SMU dengan guru-guru yang unik. Ada guru Sejarah (Ary Kirana) dengan gayanya yang ketus. Ada juga guru Olahraga (Indra Bekti) yang konyol.

Karena keramahannya, Ratna langsung punya banyak teman dekat. Ratna pun menjadi rebutan para lelaki penebar pesona di sekolah tersebut, antara lain, Anto (Judika) yang selalu sibuk membukakan pintu mobil untuknya setiap pulang sekolah. Namun, Ratna justru menyukai Galih, apalagi ketika melihat permainan basket Galih yang begitu hebat. Sayangnya, Galih justru acuh tak acuh terhadapnya, malah cenderung seperti tak peduli.

Sebenarnya, Galih menyukai Ratna. Namun, Galih tidak mempunyai keberanian untuk mendekati Ratna karena merasa mempunyai perbedaan sosial. Berkat bantuan teman-teman Ratna dan Bibi Kantin (Tike “Extravaganza”), akhirnya Ratna berhasil mendekati Galih, dan hasilnya mereka pun berpacaran.

Kemesraan mereka dilalui dengan berpacaran naik sepeda sampai ke acara perkemahan yang diadakan oleh sekolah. Di tepi danau, mereka berjanji sehidup-semati melalui cara melempar batu ke seberang danau.

Namun, tindakan gegabah Galih ini mengakibatkan hal fatal, batu yang mereka lempar tidak sampai ke seberang danau. Ini mencerminkan sikap ayah Ratna terhadap hubungan mereka berdua!

Ayah Ratna (Surya Saputra), yang sangat menjunjung harkat dan martabat, sangat menentang hubungan mereka. Kekerasan ayah Ratna justru dimanfaatkan oleh Anto yang sakit hati karena ditolak Ratna. Anto beberapa kali mengadukan kepada ayah Ratna tentang pertemuan Galih dan Ratna yang akhirnya menyebabkan ayah Ratna memarahi anaknya dan mengusir Galih.

Pertentangan ini sebenarnya tidak disetujui oleh Ibu Ratna (Uci Nurul) dan adik dari ayah Ratna, Mbak Ning (Sita Nursanti). Mbak Ning sendiri bahkan juga pernah mengalami hal yang sama dengan Ratna. Kisah cinta Mbak Ning juga ditentang oleh ayah Ratna karena perbedaan sosial di antara mereka.

Usaha Mbak Ning secara diam-diam untuk mempertemukan Galih dan Ratna pun mengalami hal buntu. Tidak hanya itu, Anto pun melakukan usaha pengecut dengan mengeroyok Galih. Untungnya Galih masih bisa diselamatkan oleh temannya.

Singkat cerita, pada saat kelulusan sekolah, Galih dan Ratna terpilih sebagai siswa teladan. Ratna ingin hadir tetapi dilarang oleh ayahnya.

Walau demikian, Ratna berhasil datang dan naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan. Namun, Ayah Ratna lagi-lagi mengetahui rencana ini dari Anto lalu menyusul kemudian menarik Ratna untul pulang. Terjadi keributan, dan Ratna tetap diseret pulang.

Gita Cinta The Musical merupakan pertunjukan drama musikal hasil kolaborasi karya Maera Hanafiah (produser), Sulung Landung (asisten produser), Ari Tulang (koreografer), Dian Hp (komposer) yang berhasil mementaskan kisah cinta Galih dan Ratna ke atas panggung drama dengan berbagai macam seting dan latar belakang penuh kejutan dan kekonyolan yang tentu saja dibalut dengan nyanyian sepanjang pertunjukan sebagai pengganti dialog. Tak ketinggalan pula, bumbu cinta dan haru menjadi pelengkap konser drama musikal yang sarat edukasi tersebut.

Sumber : http://bukuohbuku.wordpress.com/2010/04/24/novel-percintaan-gita-cinta-dari-sma-diangkat-ke-panggung/

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More